Friday, November 7, 2014

Siapakah Allah ?

0 comments
airisayunisa.blogspot.com

' ' ' Dalam Al-Qur'an, nama "Allah" digunakan lebih dari 2.600 kali dan atribut-Nya, Al-Rabb (Tuhan, Tuhan Semesta, Pemelihara), telah digunakan lebih dari 1.000 kali...

Salah satu deskripsi yang sering diulang-ulang tentang Allah seperti yang diberikan dalam Quran adalah bahwa Dia adalah "Tuhan semesta alam":
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam} (Al-Fatihah : 1)
Hai Musa! Sesungguhnya Aku adalah Allah, Tuhan semesta alam  (Al Qashash :30)

Terlepas dari ekspresi, "Tuhan semesta alam", kita menemukan beberapa ekspresi serupa lainnya tentang Allah yang digunakan dalam Al-Quran. Dan lihat ayat-ayat berikut juga:
Pencipta langit dan bumi! (Al-An`am : 101)
Allah adalah Pencipta segala sesuatu, dan Dia adalah Penguasa dan Pemelihara segala urusan. (Az Zumar :62)
Dan Dialah Tuhan (Yang disembah) di langit dan Tuhan (Yang disembah) di bumi dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.(Az Zukhruf 43:84)

Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Al-Hadid : 1-3)

Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(QS: Al-Hasyr Ayat: 24)

Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
(QS: Yaa Siin Ayat: 83)

Allah, tiada Tuhan Yang disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai ´Arsy yang besar".
(QS: An-Naml Ayat: 26)

Dalam Al-Qur'an, nama "Allah" digunakan lebih dari 2.600 kali dan atribut-Nya, Al-Rabb (Tuhan, Tuhan semesta, Pemelihara), telah digunakan lebih dari 1.000 kali. Allah adalah satu-satunya Pencipta dan Pemelihara dan Penguasa seluruh alam semesta - yang meliputi galaksi, bintang, planet, matahari, dan bulan - dan apa pun yang ada, tidak peduli penyelidikan ilmiah kita mampu memahami atau tidak.

Dalam semua ayat Alquran di atas, kata "dunia" memberi kita ide adanya banyak dunia. Yang pertama dan paling jelas maknanya bagi kita kata "dunia" adalah "semua kategori eksistensi baik dalam arti fisik dan spiritua.

Ini berarti bahwa Allah adalah Tuhan dari dunia jin, Tuhan dari dunia para malaikat, dan Tuhan dunia akhirat. Semua dunia ini milik dunia ghoib. Allah adalah juga Tuhan dari dunia manusia, Tuhan dari dunia hewan, dan Tuhan dari dunia mati dari tanaman, pohon, mineral, dan sebagainya.

Menurut Abu Said Al-Khudari, salah satu sahabat Nabi, Allah telah menciptakan empat puluh ribu dunia, dan bumi dan semua makhluk di atasnya hanya salah satu dunia. Inilah Allah sebagai Pencipta, Pemelihara dan Penguasa  "langit dan bumi", yang berarti semua benda-benda langit yang ada di alam semesta.

Memang, astronom yang telah menyelidiki misteri tentang keberadaan ratusan ribu sistem galaksi ratusan ribu bintang dan planet di dalamnya. Dan apa juga tak kalah menarik, kita sekarang mendengar adanya alam semesta paralel.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang jelas telah disampaikan oleh para ilmuwan sejauh ini, ada cukup indikasi yang menunjukkan kemungkinan beberapa semesta lain berdampingan dengan alam semesta yang ada.

Dan paling pasti, Quran secara positif dan tegas  mendukungan adanya penelitian ilmiah dan penyelidikan  misteri alam semesta kita, dan juga, di luar perbatasannya.

Sebuah film dokumenter BBC, yang ditampilkan pada tanggal 14 Februari 2002, berbicara tentang beberapa alam semesta paralel yang  satu sama lain. Walaupun mungkin terdengar gila, ada ilmuwan yang mengatakan bahwa alam semesta lain ada kurang dari satu milimeter dari alam semesta kita, mungkin berada di tingkat ekistensi yang lain. 
Continue reading →